Fatwa Baru : Melamar Pekerjaan adalah Haram dan Dosa Besar !

Melamar pekerjaan adalah sesuatu yang selalu menegangkan bagi sebagian besar pencari kerja. Membuat lamaran itu sendiri adalah bagian yang paling banyak menguras energi, mental dan waktu. Bahkan, banyak calon pelamar yang sudah merasa frustrasi pada proses ini.

cara jitu melamar pekerjaan

Nah, ketika anda merasa frustrasi melamar pekerjaan yang semakin sulit didapat dan anda harus membuat lamaran yang benar benar menarik untuk layak diperhatikan oleh recruiter ( HRD ) maka tidak ada salahnya jika anda harus melakukan sesuatu yang unik, kreatif dan distruptive dibanding pelamar lainnya. Cara Gila ? Ya, mungkin saja.

Dan, seorang pelamar telah melakukan sesuatu yang sangat inovatif dan boleh di bilang ” lezat “, sebagai cara agar berkas lamarannya benar benar layak untuk dilirik dibanding bertumpuk-tumpuk lamaran kandidat saingan lainnya.

Apa yang dia lakukan ? Dia berdandan layaknya seorang kurir door to door. Dan dia membawa berkas lamarannya dalam sebuah box donat. Karena dia yakin bahwa sebuah kotak donat pasti akan menarik untuk dibuka oleh siapapun, termasuk recruiter.

panduan melamar pekerjaan
Lucas Yla ( 25 tahun ) , seorang tenaga ahli marketing, baru saja pindah dari Vilnius, Lithuania ke San Francisco. Kota impiannya untuk bekerja sebagai staff teknologi yang menjadi impiannnya sejak 5 tahun lalu.
“Pindah dan mencari pekerjaan di kota dimana saya tak punya kenalan siapapun sekaligus bersaing ketat dengan para pencari kerja yang luar biasa jumlahnya, sungguh merupakan tantangan nyata bagi saya “, katanya. ” Saya juga tidak mempunyai pengalaman samasekali bekerja di USA. Mungkin saya harus memulainya benar-benar dari nol”, tambahnya.

Dan, Lucas, bulan lalu memulainya dengan trik melamar kerja yang tidak biasa. Sebuah marketing campaign yang benar-benar baru, untuk dirinya sendiri.

trik lamar pekerjaan

Dia membuat kaos dengan brand seorang petugas Delivery Service makanan.

strategi melamar pekerjaan

Dan dia membeli beberapa lusin Donut lezat dari San Francisco’s Mr Holmes Bakehouse ( donat ini sungguh benar benar enak ).

melamar-pekerjaan-cara-jitu

Dan di setiap kotaknya dia selipkan pesan ini :

surat lamaran kerja

Saya mencoba sebuah cara agar lamaran saya langsung ke tangan pembuat keputusan HRD. Saya tidak mau gagal hanya karena faktor “Surat Lamaran” semata.

” Singkatnya sebagai seorang marketer, saya telah menerapkan analisa SWOT atas diri saya, faktor kompetisi, target marketing dan menerapkannya pada metoda lamaran ini.”

” Sepertinya ini langkah yang menggelikan, namun sayapun benar benar telah mempersiapkan ukuran untuk melihat sejauh mana reaksi perusahaan-perusahaan yang saya lamar terhadap langkah ini. Termasuk saya sudah mempersiapkan URL untuk mengukur reaksi dan tindak lanjut oleh target marketing saya dan mengukur besaran ROI atas langkah yang saya lakukan.” Ujar Lucas.
Okay, mungkin kami tidak mengerti semua penjelasan Lucas, namun setidaknya hasil sementara membuktikan bahwa langkah Lucas patut di contoh oleh pelamar pekerjaan lainnya. Tentu dengan memodifikasi sebagian langkahnya disesuaikan dengan analisa SWOT dan target marketingnya, serta anda percaya diri bahwa anda capable untuk pekerjaan yang anda lamar.
Daaaaaaana, hasilnya benar-benar nyata.

” Dari 40 lamaran yang saya masukkan, semua mengundang saya untuk interview. Dan seluruhnya mengapresiasi tinggi atas langkah yang saya lakukan. Saat ini saya sedang di interview secara mendalam oleh beberapa perusahaan yang benar-benar serius ingin merekrut saya.”

Jadi melamar pekerjaan secara ” konvensional ” dengan menulis lamaran, membeli map yang cantik, mengirim via pos dan seterusnya serta kemudian menunggu respon dengan minum miras dan mabuk-mabukan adalah merupakan tindakan haram dan dosa besar, setidaknya itulah fatwa Lucas. Lebih baik berikan sesuatu yang lezat kepada orang-orang yang hendak merekrut anda. Deal !

Selamat Lucas !
Viva Unusual Way of Solutions !

There are 2 comments. Add yours

  1. 20th October 2016 | junus says: Reply
    Wow ...Inspiratif...Makasih !!!
  2. 21st November 2016 | superbubur says: Reply
    Sama2 mas

Join the Conversation


*